Implementasi
kurikulum 2013 merupakan aktualisasi kurikulum dalam pembelajaran dan
pembentukan kompetensi serta karakter peserta didik, hal ini menuntut keaktifan
guru dalam menciptakan dan menumbuhkan berbagai sesuai dengan rencana yang
telah di programkan. Guru harus menguasai prinsip-prinsip pembelajaran,
pemilihan dan penggunaan media pembelajaran, pemilihan dan penggunaan metode
pembelajaran, keterampilan menilai hasil-hasil belajar peserta didik, serta memilih
dan menggunakan strategi atau pendekatan pembelajaran. komptensi-kompetensi
tersebut merupakan bagian integral bagi seorang guru sebagai tenaga profesonal,
yang hanya dapat dikuasai dengan baik melalui pengalaman praktik yang intensif.
Pembelajaran menyenangkan,
efektif dan bermakna dapat dirancang oleh setiap guru, dengan prosedur sebagai
berikut:
1.
Pemanasan
dan apresiasi
Pemanasan
dan apresiasi perlu dilakukan untuk menjajaki pengetahuan peserta didik,
memotivasi peserta didik dengan menyajikan materi yang menarik, dan mendorong
mereka untuk mengetahui berbagai hal baru. Pemanasan dan apresiasi ini dapat
dilakukan dengan prosedur sebagai berikut:
Ø
Pembelajaran
dimulai dengan hal-hal yang diketahui dan dipahami peserta didik
Ø
Peserta
didik dimotivasi dengan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi kehidupan
mereka.
Ø
Peserta
didik digerakkan agar tertarik dan bernafsu untuk mengetahui hal-hal yang baru.
2.
Eksplorasi
Eksplorasi
merupakan tahapan kegiatan pembelajaran untuk mengenalkan bahan dan
mengaitkannya dengan pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik. Hal
tersebut dapat ditempuh dengan prosedur sebagai berikut.
Ø
Perkenalkan
materi standard an kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik
Ø
Kaitkan
materi standard dan kompetensi dasar yang baru dengan pengetahuan dan
kompetensi yang sudah dimiliki oleh peserta didik.
Ø
Pilihlah
metode yang paling tepat, dan gunakan secara bervariasi untuk meningkatkan
penerimaan peserta didik terhadap materi standard an kompetensi baru.
3.
Konsolidasi
pembelajaran
Konsolidasi
merupakan bagian untuk mengaktifkan peserta didik dalam pembentukan kompetensi
dan karakter, serta menghubungkannya dengan kehidupan peserta didik.
4.
Pembentukan
sikap, kompetensi, dan karakter
5.
Penilaian
formatif
Nah itulah prosedur yang dapat dilakukan oleh setiap
guru dalam merancang pembelajaran efektif dan bermakna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar