Kamis, 08 Desember 2016

Merancang pembelajaran efektif dan bermakna


Implementasi kurikulum 2013 merupakan aktualisasi kurikulum dalam pembelajaran dan pembentukan kompetensi serta karakter peserta didik, hal ini menuntut keaktifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan berbagai sesuai dengan rencana yang telah di programkan. Guru harus menguasai prinsip-prinsip pembelajaran, pemilihan dan penggunaan media pembelajaran, pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran, keterampilan menilai hasil-hasil belajar peserta didik, serta memilih dan menggunakan strategi atau pendekatan pembelajaran. komptensi-kompetensi tersebut merupakan bagian integral bagi seorang guru sebagai tenaga profesonal, yang hanya dapat dikuasai dengan baik melalui pengalaman praktik yang intensif.

Pembelajaran menyenangkan, efektif dan bermakna dapat dirancang oleh setiap guru, dengan prosedur sebagai berikut:
1.      Pemanasan dan apresiasi
Pemanasan dan apresiasi perlu dilakukan untuk menjajaki pengetahuan peserta didik, memotivasi peserta didik dengan menyajikan materi yang menarik, dan mendorong mereka untuk mengetahui berbagai hal baru. Pemanasan dan apresiasi ini dapat dilakukan dengan prosedur sebagai berikut:
Ø  Pembelajaran dimulai dengan hal-hal yang diketahui dan dipahami peserta didik
Ø  Peserta didik dimotivasi dengan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi kehidupan mereka.
Ø  Peserta didik digerakkan agar tertarik dan bernafsu untuk mengetahui hal-hal yang baru.
2.      Eksplorasi
Eksplorasi merupakan tahapan kegiatan pembelajaran untuk mengenalkan bahan dan mengaitkannya dengan pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik. Hal tersebut dapat ditempuh dengan prosedur sebagai berikut.
Ø  Perkenalkan materi standard an kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik
Ø  Kaitkan materi standard dan kompetensi dasar yang baru dengan pengetahuan dan kompetensi yang sudah dimiliki oleh peserta didik.
Ø  Pilihlah metode yang paling tepat, dan gunakan secara bervariasi untuk meningkatkan penerimaan peserta didik terhadap materi standard an kompetensi baru.
3.      Konsolidasi pembelajaran
Konsolidasi merupakan bagian untuk mengaktifkan peserta didik dalam pembentukan kompetensi dan karakter, serta menghubungkannya dengan kehidupan peserta didik.
4.      Pembentukan sikap, kompetensi, dan karakter
5.      Penilaian formatif


Nah itulah prosedur yang dapat dilakukan oleh setiap guru dalam merancang pembelajaran efektif dan bermakna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar