Batasan dalam hubungan
antara filsafat umum dan filsafat pendidikan menurut As-syaibany adalah, Filsafat
pendidikan adalah pelaksanaan pandangan filsafat dan kaidah falsafah dalam
bidang pengalaman kemanusiaan yang disebut dengan pendidikan. Filsafat
pendidikan adalah aktifitas pikiran teratur yang menjadikan filsafat itu
sebagai jalan untuk mengatur, menyelaraskan dan memadukan proses pendidikan.
Filsafat pendidikan itu dapat menjelaskan nilai-nilai lain yang diusahakan
untuk mencapainya. Maka filsafat, falsafah pendidikan dan pengalaman manusia
merupakan tiga unsur yang bersatu padu.
Falsafah pendidikan adalah aktivitas
yang dilakukan oleh pendidik dan filosof untuk menerangkan, menyelaraskan,
mengecam dan mengubah proses pendidikan selaras dengan masalah-masalah
kebudayaan dan unsur-unsur yang bertentangan di dalamnya. Batasan tersebut
tidak berarti mempelajari filsafat pendidikan begitu saja, melainkan
mempelajarinya karena percaya bahwa kajian itu sangat penting untuk
mengembangkan pandangan terhadap proses pendidikan. Di samping itu penting
untuk dapat memperbaiki keadaan pendidikan. Persoalan pendidikan meliputi:
bimbingan, penilaian, dan metode baru sangat diperlukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar